Selasa, 25 September 2007

DISKUSI KELOMPOK PENULISAN NASKAH IKLAN RADIO & TV

LINK www.devtom.com

REPORT HASIL DISKUSI KELAS HUMAS V C



Senin 24.09.2007
Pukul 08.00 s/d 10.00


Penulisan Naskah Iklan Radio

TIGA KELOMPOK TELAH MENYAMPAIKAN PRESENTASI HASIL MERANGKUM BUKU COPYWRITING, ADA KETEGANGAN DALAM DISKUSI KELAS TERSEBUT. MASING-MASING KELOMPOK MENYAMPAIKAN PENDAPATNYA BERDASAR BUKU YANG MENJADI ACUAN PEMBAHASAN TUGAS. UNTUK MINGGU DEPAN SENIN (1/10) DUA KELOMPOK LAGI AKAN TAMPIL.

Kelompok (1)
Membahas unsur-unsur pendukung Iklan diwarnai aksi tidak puas dari tiga mahasiswa yang menjadi audien dalam diskusi tersebut-Firi, Satria dan Allan. Satria menyatakan bahwa unsur pendukung iklan secara komparatif sulit dipercaya, kelompok satu menjelaskan dalam iklan komparatif atau perbandingan – kurang dapat dipercaya karena dalam penelitian yang telah dilakukan hanya menitik beratkan pada kwantitas pada penjualan produk (product marketing). Bukan uji kwalitas sebuah produk. Kelompok (1) menjelaskan bahwa sebuah produk akan dibuat iklan komparatif jika produk itu lebih laku dari produk lainnya. Ditambahkannya dalam memproduksi iklan penting adanya riset keunggulan produk. Kelompok (1) mencontohkan iklan Autan VS Sari Puspa dan Fresti VS The Botol Sosro).
Pertanyaan ke dua muncul dari Rita dan Allan, apakah iklan testimonial sebuah produk, keberhasilannya sudah bisa dibuktikan ? jawaban kelompok satu ; Testimonial, didahului survey dan membuat setting naskah atau copywriting atau dibuat naskah, yang melibatkan aktor. Intinya testimonial, Seseorang yang memberikan kesaksian diberikan surat yang tandatangani bahwa telah menggunakan produk yang akan dibuat iklan.

Kelompok (2)
Denti, Kartika, Rinaldi, Rita Istiqomah, Satria memaparkan tentang Strategi Mencari Keunggulan Produk. Kelompok (2) Menjelaskan bahwa ada tujuh Startegi dalam memproduksi iklan dengan menampilkan Kualitas, Keistimewaan, Desain, Gaya, Kemasan, Pelayanan, Merek. Masing-masing keunggulan dicontohkan dalam pembahasan ini. Pertanyaan muncul dari Reihan, menurutnya ; Bagaimana mengiklankan produk yang belum dikenal ? kelompok (2) menjawab bahwa produk yang belum dikenal harus menggunkan strategi iklam komparatif/perbandingan.

Kelompok 3
Ernika, Fajarina, Maria, Robi, Tyas membahas makalah yang berjudul Persiapan Sebelum Menulis Naskah Iklan. Menurut kelompok ini ada beberapa hal sebelum Copywriting, menulis naskah iklan ;
1. Sumber bahan data, Marketing Brief.
2. Teknik Penyampaian Pesan dan Dramatisasi, strength, weakness, opportunity, Threath (SWOT).
3. To minimize the weaknes and maximize the strength.
4. Dramatisasi, bukan bohong.
5. Dengan Siapa Kita berbicara (Siapa Khalayak Sasaran Kita)
6. Pentingnya Riset Pasar, landasan karena konsumen lebih kritis. Mendapatkan fakta dan pembanding.
Pertanyaan dari audience seputar Marketing Brief , kelompok (3) menjelaskan bahwa Marketing Brief adalah Draf dari produsen tentang produk yang diberikan kepada biro iklan. Pertanyaan ke dua seputar masalah komunikasi yang dilakukan produsen terhadap biro iklan. Menurut kelompok (3), Konsep dari produsen kepada biro iklan, ada komunikasi dua arah - Produsen memiliki produk, sebelum diiklankan, dilakukan dalam Marketing Brief.

Tidak ada komentar: